Mau Kuliah Sambil Kerja, Ini Tips dan Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan!

Kontributor : Arief Rachman Saputra | Editor : Nurul Ikhsan

Jabarbisnis.com – Menjadi mahasiswa dan karyawan sekaligus bukan suatu hal yang mudah untuk dijalani. Karena kamu harus menghadapi dua dunia yang berbeda dengan berbagai macam masalah yang ada. Namun, bukan suatu hal yang mustahil menghadapi dan menjalankan keduanya. Bahkan, banyak juga keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kuliah sambil kerja.

1. Disiplin waktu dan keuangan

Dengan kuliah sambil kerja, maka kamu akan terlatih dalam membagi waktu antara berkerja dan kuliah. Karena tugas kuliah dan juga pekerjaan menjadi karyawan tentu harus dikerjakan dengan baik. Keduanya harus seimbang walaupun kamu akan kewalahan, tapi seiring waktu berjalan akan terbiasa menjalaninya. Sama halnya juga dengan kondisi keuangan yang minim dan terbatas, sehingga menuntut kamu untuk lebih cermat dalam mengatur keuangan.

2. Membentuk mental yang tangguh

Menjalani tugas sebagai seorang mahasiswa sekaligus karyawan merupakan suatu hal yang berat, karena kerja saja sudah menguras tenaga, apalagi ditambah kuliah dan mengerjakan tugas-tugas kuliah sehingga jatah waktu bermain dan istirahat akan terpotong. Dari sanalah kamu akan menjadi lebih tangguh. Mental akan terlatih dalam menghadapi berbagai macam tekanan. Selanjutnya, kamu akan terbiasa dalam menghadapi berbagai macam tantangan.

3. Mendapat pengalaman

Tentu berbeda antara orang yang lulus biasa pada umumnya dengan orang yang lulus sambil kerja, karena biasanya orang baru lulus pada umumnya belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Sedangkan orang yang lulus sambil kerja sudah memiliki pengalaman bekerja, sehingga pengalaman ini bisa ditambahkan dalam CV, yang lebih berpeluang besar diterima oleh perusahaan dari pada orang yang belum berpengalaman.

4. Menambah penghasilan

Dengan bekerja, kita bisa membayar biaya kuliah dan meringankan beban orang tua. Sehingga kita tidak bergantung dengan bantuan keuangan dari orang tua. Kemudian penghasilan dari bekerja bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti uang jajan, membayar biaya kost, membeli buku, atau bahkan bisa menabung.

5. Memiliki pandangan yang lebih maju ke depan

Di dunia kerja kamu akan melihat berbagai macam tipe orang, ada yang selalu optimis, kreatif, kritis dan lain-lain. Nah, inilah yang membedakan antara dunia kerja dan dunia kuliah. Dalam dunia kerja, kamu akan dituntut untut selalu kreatif dan kritis untuk bisa menghasilkan sesuatu karya yang baru dan bermanfaat bagi perusahaan tempat kamu bekerja.

3 Tips menjalani kuliah sambil kerja

Saat sudah memiliki niat dari awal untuk kuliah sambil kerja, tentu kamu akan mudah menjalani dan tahu risikonya. Karena harus benar-benar fokus untuk melaksanakan kuliah dan bekerja tepat waktu. Nah, berikut ini tips untuk menjalani kuliah sambil kerja.

1. Konsultasi dengan tempat kerja

Agar kuliah kamu tetap berjalan lancar, kamu harus membicarakan jadwal kuliahmu dengan atasan perusahaan kamu bekerja sehingga perusahaan akan menolerir dan memahami posisimu sebagai mahasiswa.

2. Mendaftar kuliah kelas karyawan

Pada umumnya, mereka yang kuliah sambil kerja mengambil kelas karyawan. Biasanya dilakukan pada malam hari setelah jam pulang kantor, atau weekend yaitu pada hari Sabtu atau Minggu. Program kelas karyawan ini bisa memudahkan kamu dalam mengatur waktu sehingga bisa fokus menjalani keduanya.

3. Jaraknya tidak berjauhan antara kantor dan tempat tinggal

Jarak merupakan suatu hal yang harus kamu pertimbangkan. Karena jika jaraknya jauh antara kantor dengan tempat tinggal akan menyita banyak waktu, dan kamu tidak punya waktu istirahat yang cukup sehingga bisa mengganggu aktivitas perkuliahan.

Pilihlah kantor yang terjangkau dengan tempat tinggal, sehingga tidak memakan waktu yang banyak dan bisa tetap mengerjakan tugas sebagai mahasiswa.

Itulah beberapa tips agar kamu tetap bisa menjalani kuliah dan bekerja. Kemudian terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika memutuskan kuliah sambil bekerja. Tunggu apalagi, jangan ragu untuk mencoba.

By Tim Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya