Bank Indonesia Regional Jabar Dukung Digitalisasi Ekonomi di Kabupaten Garut

Pewarta : Jamaludin Al Afhgani | Editor : Hery Tufik

Jabarbisnis.com, Garut –  Bupati Garut, Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja dari Bank Indonesia Regional Jawa Barat. Kunjungan itu dalam rangka  meningkatkan sinergitas pengendalian inflasi dan akselerasi implementasi digitalisasi di daerah, dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (2/2/2021).

Bupati Rudy mengatakan, dalam kunjungan ini, tim pemantau inflasi daerah memberikan solusi kepada pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan ekonomi agar ekonomi dapat terus berjalan meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19. “Ini dari Bank Indonesia selaku tim pemantau inflasi daerah, ini memberikan solusi dan guidance pada pemerintah daerah bagaimana ekonomi tetap berjalan, kesehatan juga menjadi penting. Di masa pandemi ini langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah,” ucap Bupati.

Ada beberapa saran dari Bank Indonesia, Imbuh Bupati Garut, terdiri dari lebih lima poin yang harus dilaksanakan, mulai dari bidang ekonomi hingga berhubungan dengan pariwisata. “Ini bagus sekali saran-saran dari Bank Indonesia, ini kurang lebih ada lima poin yang harus dilaksanakan. Diantarnya bagaimana ekonomi tetap bergerak, masyarakat daya belinya juga terjaga, investasi masih ada dan juga hal-hal yang berhubungan dengan pariwisata,” imbuhnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Taufik Saleh mengatakan, pihaknya sudah banyak melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Garut. “Selama ini kami sudah banyak melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah Garut. Klaster-klaster kami mulai dari peternakan, pertanian dan produk kreatif sudah kami jalankan. Dan ini menjadi poin untuk kita kembangkan lebih lanjut,” kata Taufik.

Salah satu poin yang disampaikan oleh pihak Bank Indonesia adalah mengenai digitalisasi ekonomi. Taufik menuturkan digitalisasi ekonomi harus dipercepat terutama dalam bidang UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). “Digitalisasi ekonomi harus dipercepat, digitalisasi ekonomi ini tentunya terutama UMKM untuk proses produksi maupun transaksi oleh karena itu ini nanti akan menjadi salah satu fokus kami” tambahnya.

Adanya digitalisasi adalah untuk menyambut dicanangkannya tim percepatan penguatan digitalisasi daerah, maka dari itu, lanjut Taufik, Bank Indonesia Regional Jabar akan mendukung pemerintah Garut untuk melaksanakan elektronifikasi transaksi. “Kami akan terus mendorong membantu mendukung pemerintah daerah Kabupaten Garut untuk melaksanakan elektronifikasi transaksi baik di keuangan pemerintah maupun di masyarakat,” pungkasnya. ***

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya