Besok Minggu Pagi, Thoriqoh Qodiriyah Naqshabandiyah PP Suryalaya Sirnarasa Menggelar Manaqiban Akbar di Masjid Agung Syiarul Islam

Pewarta : Nurul Ikhsan | Editor : Jamaludin Al Afghani

Kuninganpos.com – Thoriqoh Qodiriyah Naqshabandiyah atau Naqsyabandiyah merupakan salah satu tarekat yang penyebarannya terus meluas di belahan dunia.

Tarekat ini mengutamakan pada pemahaman hakikat dan tasawuf yang mengandung unsur-unsur pemahaman rohani yang spesifik, seperti tentang rasa atau dzauq. Di dalam pemahaman yang mengisbatkan Dzat ketuhanan dan isbat akan sifat ma’nawiyah yang termaktub di dalam roh anak-anak adam maupun pengakuan di dalam fanabillah maupun berkekalan dalam baqabillah yang melibatkan zikir-zikir hati (hudurun kalbu/menghadirkan hati).

Di Kabupaten Kuningan sendiri, Madrosah Thoriqoh Qodiriyah Naqshabandiyah (TQN) PP Suryalaya Sirnarasa sudah tersebar di 138 majelis.

Dalam rangka meluaskan syiar Islam sekaligus membangun silaturahmi sesama umat muslim, TQN PP Suryalaya Sirnarasa Kabupaten Kuningan akan menggelar Manaqiban Akbar bertempat di Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, Minggu pagi (12/6/2022). Acara akan dimulai pukul 08.00 WIB-selesai.

Direncanakan, Manaqiban Akbar tersebut akan dihadiri oleh Bupati Kuningan Acep Purnama yang juga duduk sebagai Ketua Penasihat Madrosah Thoriqoh Qodiriyah Naqshabandiyah (TQN) PP Suryalaya Sirnarasa Kabupaten Kuningan.

Ketua TQN PP Suryalaya Sirnarasa Kabupaten Kuningan Kyai Hudebbulloh, S.HI didampingi anggota Dewan Penasihat KH. Yayat Hidayat, M.Pd, menjelaskan Madrosah TQN Suryalaya Sirnarasa adalah organisasi/nidzom dari Guru Agung Abah Aos QS yang berpusat di Panjalu, Kabupaten Ciamis.

“TQN PP Suryalaya Sirnarasa Kabupaten Kuningan untuk mengkoordinir seluruh Madrosah dan Roudhoh yang ada di Kabupaten Kuningan seperti Roudhoh Asysyakur yang sudah mencapai 138 titik mulai dari Pendopo Bupati Kuningan, masjid-masjid dan perumahan. Roudhoh Albaashit ada 21 titik meliputi Masjid Kabupaten Syi’arul Islam, masjid, perumahan dan tempat-tempat strategis lainnya. Roudhoh Darul Muklashin berupa Ponpes yang sama-sama mengamalkan mengamankan dan melestarikan Amaliyah TQN Suryalaya Sirnarasa,” tuturnya saat ditemui Kuninganpos.com (grup Jabarbisnis.com), Sabtu (11/6/2022) sore di Kedai KPC Desa Cisantana, Cigugur.

Madrosah TQN sendiri, terang Kyai Hudebbulloh memiliki agenda antara lain menggiatkan Roudhoh-roudhoh agar selalu bersemangat beramal, dan membuka tempat-tempat Manaqiban atau Madrosah dan Roudhoh di Kabupaten Kuningan.

Manaqiban Akbar yang akan digelar besok Minggu pagi akan diisi dengan Khidmah amaliyah meliputi Tilawatil Quran dan sholawat Thoriqoyyah Tanbih berupa nasehat Syaikh Abdulloh Mubarok yang merupakan tujuan dari Dzikir kalimah Thoyyibah, yaitu taat agama dan Negara, serta 9 pilar peradaban dunia. Tawassul Manqobah berupa kisah dan karomah Syaikh Abdul Qodir al Jailani. Selanjutnya, Khidmah ilmiyyah oleh Muballigh meliputi ilmu fikih, tauhid, tasawuf, dan ilmu lainnya.

By Nurul Ikhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya