Kadinkes Kuningan: Tak Ada Target Vaksin Dosis 3 atau Booster

Pewarta : Agus Maulani | Editor : Nurul Ikhsan

Jabarbisnis.com, Kuningan – Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Susi Lusiyanti mengungkapkan bahwa vaksinasi dosis ketiga atau booster tidak ada target khusus.

“Vaksinasi dosis ketiga di Kuningan alhamdulilah berjalan dengan baik karena memang secara presentasi sudah lumayan, kami mengapresiasi masyarakat antusiasnya sangat tinggi untuk vaksin dosis booster ini,” ujar Susi Lusiyanti kepada Kuninganpos.com (grup Jabarbisnis).

Dijelaskan Susi, untuk booster sendiri tidak ada target yang harus dicapai. Tapi antusias masyarakat cukup bagus, dosis ketiga sudah masuk lebih kurang 40 persen.

Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan aturan baru tentang pelaksanaan vaksinasi Covid 19 dosis ketiga atau booster. Aturan itu dituangkan dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.02.02/II/252/2022.

Salah satu ketentuan yang berubah adalah kini vaksinasi booster dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia tanpa harus menunggu daerah tersebut mencapai 70 persen dari jumlah penduduk.

Pemberian vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme, yakni homolog dan heterolog. Homolog merupakan pemberian booster dengan jenis vaksin yang sama setelah mendapatkan vaksin primer dosis lengkap sebelumnya.

Sedangkan heterolog pemberian vaksin jenis yang berbeda dengan vaksin primer lengkap telah didapat sebelumnya.

By Agus Maulani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya