Menkominfo Ajak Media Sukseskan MotoGP Mandalika

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Jakartabisnis.com – Kompetisi sirkuit tingkat dunia MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung bulan Maret mendatang. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan gelaran olahraga itu menjadi etalase industri olahraga Indonesia.

Menurutnya, Pemerintah telah menyiapkan komunikasi publik untuk menyukseskan sekaligus menunjukkan kepada dunia keberhasilan event tersebut. Oleh karena itu, Menkominfo mengajak media massa untuk mendukung penyebaran informasi dan menyukseskan MotoGP Mandalika.

BACA JUGA : Insentif PPN Properti Beri Peluang Industri dan UMKM Raih Untung

“MotoGP Mandalika adalah etalase Indonesia di sport industry. Baik etalase dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu, diperlukan pesan kunci yang menjadi perhatian kita untuk komunikasinya kepada masyarakat dalam negeri dan kepada fans MotoGP di seluruh dunia,” ujarnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (21/1/2022).

Menteri Johnny menyatakan MotoGP memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Baik dari kalangan milenial dan selebritas. Bahkan, menurutnya di Indonesia dan luar negeri nama pembalap juga sangat terkenal. Oleh karena itu, MotoGP Mandalika menjadi momentum dan sebagai etalase Indonesia di mata dunia.

BACA JUGA : Didukung Kepastian Hukum, Kementerian ESDM Targetkan Investasi Rp71,85 Triliun

“Momentum ini yang harus kita jaga dengan baik. Karenanya pesan kunci yang terkait dengan kesiapan infrastruktur sirkuit itu sendiri dan kesiapan di sektor transportasi juga penting kita perhatikan,” jelasnya.

Menkominfo menegaskan arti penting kerja bersama semua pihak dalam mempersiapkan seluruh kebutuhan di segala lini, termasuk lalu lintas telekomunikasi yang berpotensi sangat tinggi sekitar sirkuit.

“Pasti traffic komunikasi juga sangat tinggi sehingga kita perlu menjaga semuanya dengan baik. Kemudian aspek kesehatannya pasti harus kita pastikan, terlepas dari Boris Johnson (politikus asal Britania Raya) sudah mengatakan masuk ke endemi dan dia tinggalkan semua urusan Covid-19, tapi di Indonesia tetap kita harus perhatikan itu,” tandasnya.

Dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat, Menteri Johnny berharap akan membuat wisatawan merasa nyaman. “Aspek kesehatan harus secara sungguh-sungguh diperhatikan. Tidak saja Covid-19, (Indonesia sebagai negara tropis) jadi segala macam jenis penyakit tropis juga akan menjadi perhatian kita. Jangan sampai mereka (wisatawan mancanegara) kembali bawah diare,” ungkapnya.

Peluang Lapangan Kerja

Menurut Menkominfo, perhelatan MotoGP Mandalika 2022 akan memberikan dampak ekonomi dan investasi yang cukup besar. Terlebih investasi untuk pembangunan di Mandalika yang kini sudah mencapai sekitar USD150.

“Kita harapkan bahwa dampak langsung dari kegiatan MotoGP multiplier effect itu sekitar setengah triliun langsung bisa dihasilkan. Setiap tahun, pariwisata Mandalika di samping MotoGP nanti bisa bertumbuh, karena juga menjadi destinasi pariwisata prioritas. Oleh karena itu, kita harapkan juga sekitar 40 juta dolar setiap tahun ada multiplier yang dihasilkan dari sisi perekonomian,” jelasnya.

Selain itu, MotoGP Mandalika telah memberikan efek peningkatan lapangan pekerjaan. Menteri Johnny menyatakan saat ini terbuka peluang hampir mencapai 11 ribu lapangan pekerjaan.

“Khusus untuk perhelatan MotoGP sendiri menyerap hampir 8 ribu orang. Dan yang berkaitan dengan UMKM dan tenaga kerja untuk peningkatan produk-produk UMKM sekitar 3 ribu orang. Jadi dampak langsungnya yang di sisi ekonomi berkaitan langsung dengan itu,” tuturnya .

Oleh karena itu, Menkominfo mengharapkan komunikasi publik yang dilaksanakan juga menyampaikan pesan mengenai dampak ekonomi serta branding Indonesia di dunia internasional.

“Sehingga tentu kita harapkan komunikasi publik dilakukan dengan baik agar branding Indonesia, domestik, dan dampak ekonomi serta branding Indonesia di etalase dunia bisa kita capai dengan baik,” ungkapnya.

Sebagai ajang balap internasional yang pertama kali digelar di Indonesia, Menteri Johnny berharap MotoGP Mandalika harus mampu memberikan kesan yang baik di semua aspek sehingga memberikan memori tersendiri bagi setiap pengunjung.

“Bagi pembalap sendiri, MotoGP Mandalika menjadi ajang kompetisi tingkat internasional yang mereka rasakan. Momentum ini harus kita perhatikan betul, sehingga komunikasi publik kita harapkan berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dalam forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022, Menkomifo didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Hadir secara daring direktur utama dan pemimpin redaksi media massa di Indonesia.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya