Lab Manajemen FE Uniku Gelar Webinar, Edukasi Milenial Bidang Pasar Modal

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Jabarbisnis.com – Saham adalah salah satu instrumen investasi dalam pasar modal yang sangat mungkin memberikan return dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Saham juga semakin menarik dengan mulai masuknya startup kedalam bursa. Namun untuk bisa terjun dan berhasil di pasar saham, idealnya dimiliki ilmu dan pengetahuan yang cukup. Literasi yang cukup mengenai keuangan dan investasi.

Dengan momentum pandemi covid19 yang justru mendorong pertumbuhan retail investor saham, khususnya dari generasi milenial. Investor milenial kini dimanapun berada termasuk di pelosok daerah seperti Kabupaten Kuningan dan sekitarnya sangat mungkin berinvestasi di pasar modal.

Melalui Manajemen Insight Forum, Laboratorium Manajemen FE Uniku berupaya menjadi jembatan akselerator bagi peningkalatan literasi keuangan dan investasi bagi mahasiswa dan masyarakat Kuningan. Manajemen Insight Forum berupa webinar zoom meeting dilaksanakan pada pembukaan tahun 2022 ini mengambil tema Mengenal Pasar Modal bagi Milenial

Webinar Mengenal Pasar Modal bagi Milenial ini menghadirkan narasumber langsung dari Bursa Efek Indonesia agar bisa melakukan transfer knowledge mengenai mekanisme pasar modal dan experience sharing mengenai kondisi dan peraturan-peraturan terkini di bursa efek Indonesia. Seperti kita ketahui bersama pada beberapa tahun terakhir banyak sekali peraturan dan mekanisme perdagangan yang baru yang diterapkan di Pasar Modal Indonesia (BEI).

Webinar kali ini dibuka oleh opening speech Kaprodi Manajemen Rina Masruroh, S.E., M.E.Sy. Rina mengungkapkan, bercermin pada IHSG tahun 2021 dimana meskipun masih pandemi covid19 IHSG mampu memberikan return 10,1%, lebih baik dibandingkan bursa saham lain di Asia Tenggara, pasar modal Indonesia masih tempat paling ideal untuk investor retail untuk berinvestasi.

“Kita lihat data peningkatan jumlah investor, terutama investor retail yang berasal dari generasi milennial dan Gen Z terus berlanjut. Begitu pula di wilayah Kuningan dan sekitarnya khususnya mahasiswa atau alumni Universitas Kuningan yang mayoritas generasi Z/generasi milenial diharapkan menjadi bagian dari kemajuan pasar modal Indonesia sebagai investor retail di masa kini dan masa datang. Karena saat ini investasi di pasar modal khususnya saham sudah sangat mudah sekali dengan program inklusi keuangan dari BEI dan hadirnya kemajuan teknologi internet of things,” ujarnya memaparkan.

Partisipan/peserta Webinar Mengenal Pasar Modal bagi Milenial sebanyak 299 orang ini cukup antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Bahkan disesi diskusi banyak sekali pertanyaan yang tidak bisa tertampung karena terbatasnya waktu. Tak hanya mahasiswa Uniku webinar ini juga dihadiri oleh peserta dari PemDes Situsari Darma Kuningan, UPN Veteran Jawa Timur, SMPN 2 Subang Kuningan, STKIP Muhammadiyah Kuningan, SMK Muhammadiyah 2 Kuningan, SMKN 1 Kuningan dan masyarakat umum.

Webinar ini dimoderatori oleh mahasiswi berprestasi Reka Nurul Astriani. Materi pembuka dibawakan dosen Prodi Manajemen Yasir Maulana. Materi utama pengenalan Pasar Modal disampaikam olegh Arsyil Hendra Saputra yang saat ini menjabat sebagai Data Management Senior Analyst Divisi Data Bursa Efek Indonesia.

Salah satu pembicara dosen Prodi Manajemen Yasir Maulana (kanan). FOTO: Jabarbisnis/FE Uniku

Yasir menyampaikan materi mengenai dasar strategi investasi saham dengan analisis kinerja keuangan emiten. Sementara Arsyil membawakan mekanisme pasar modal serta berbagai update peraturan dan mekanisme-mekanisme baru yang setahun terakhir dilaksanakan bursa terkait adanya dampak covid19 dan dampak mulai diakomodasinya startup teknologi kedalam bursa.

Peserta akan mendapatkan e-certificate dan pertanyaan yang belum terjawab akan difollow-up melalui email. Yasir berharap melalui forum webinar ini akan lahir investor milenial dari Kuningan yang turut mewarnai pasar modal Indonesia.

By Jamaludin Al Afghani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya