Rubuha, Inovasi Distan Karawang Membasmi Hama

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Jabarbisnis.com, Karawang – Hasil Panen di wilayah Kabupaten Karawang saat ini masih terbilang cukup baik lantaran penangkaran burung hantu yang dinilai efektif dalam membasmi hama.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Hanafi mengatakan, sejak dibuatnya penangkaran burung hantu di beberapa titik persawahan kini menjadi aman dari hama tikus.

BACA JUGA : Diresmikan Wagub, Rintisan Usaha Petani Milenial Ciptakan Regenerasi Petani

“Selama ini aman, karena kita untuk tikus pun kita sudah punya burung hantu, nah itu kan ciptaan Tuhan yang bisa kita manfaatkan,” kata dia di depan Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karawang, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, di Kecamatan Majalaya yang merupakan wilayah yang paling banyak terserang hama tikus itu sudah berjalan efektif.

BACA JUGA : Mendadak Porang Jadi Andalan

“Makanya kita coba di Kecamatan Majalaya, kita siapin rumahnya oleh kita, nanti tuh datang sendiri, namanya Rumah Burung Hantu disingkat Rubuha.

Bahkan, kata dia, lewat Rubuha ini bisa membasmi hingga 20 tikus dalam sehari. “Kita bantu berapa titik tuh rumahnya, nanti dia bisa sampai makan 20 tikus dalam satu hari,” ujarnya. ***

By Adam Gumelar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya