Dorong Basis Data Digital, Pemkab Sumedang Gandeng Telkom Pasang Fiber Optik Internet di Kantor Pemdes

Pewarta : Irwan Adhi Husada | Editor : Nurul Ikhsan

Jabarbisnis.com – Teknologi informasi semakin memberikan peran dalam kemajuan pembangunan desa. Untuk itu di Tahun 2021 ini seluruh desa di Kabupaten Sumedang diwajibkan memiliki jaringan internet.

Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaksanakan Rapat terkait Rencana Internet masuk Kantor Desa, bertempat di Aula Diskominfosanditik, Rabu (18/08/2021).

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Diskominfosanditik Drs. Kemal Idris, MP, S.SP, Sekretaris DPMD Drs Lili Rahli, Kabid Informatika, Kasi Telekomunikasi, Tim dari PT. Icon+ dan PT. Telkom serta undangan lainnya.

Kepala Bidang Informatika Mamat Rohimat menyampaikan bahwa saat ini seluruh kantor desa sudah memiliki sinyal namun belum masuk kabel fiber optik.

Kabel Fiber Optik adalah serat optic yang memiliki saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus. Saat ini fiber optik digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Umumnya kabel fiber optik digunakan sebagai backbone pada jaringan telekomunikasi, misalnya untuk menghubungkan jaringan antar pulau, menghubungkan antara kantor cabang, gedung dan lainnya. Kabel fiber optik sangat bermanfaat untuk mentransmisikan jutaan data dari kantor ke kantor dan pulau ke pulau.

“Pemilihan kabel fiber optik tersebut bertujuan untuk menjamin kualitas layanan internet yang masuk ke desa. Karena di akhir tahun 2021 ini, semua desa harus berbasis digital, mulai dari pelaporan keuangan, kinerja dan bahkan kedepannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa juga,” ujar Kabid Informatika. ***

By Irwan Adhi Husada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya